30/05/2024

Manfaat Susu Penambah ASI bagi Ibu Yang Sedang Menyusui

See the source image

Periode untuk menyusui, kerap membuat para Ibu dilanda rasa kegelisahan atas jumlah ASI yang diproduksi terlalu sedikit. Kekhawatiran yang muncul ini merupakan sebuah hal yang sangat wajar, sehingga tak heran jika banyak dari para ibu yang mempersiapkan berbagai hal untuk mengatasi produksi jumlah ASI yang terlalu sedikit itu. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi susu penambah ASI.Sebab sangat banyak sekali manfaat susu penambah asi yang nyatanya masih belum banyak para ibu yang mengetahuinya.Lantas, kandungan  yang berada di dalam susu apa saja yang bisa menambah produksi ASI? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sebelum mengetahui kandungan yang terdapat dalam susu penambah ASI, alangkah baiknya para ibu mengerti terlebih dahulu takaran ASI yang tergolong cukup sedikit. Takaran ASI dikatakan cukup sedikit apabila ASI yang keluar dari payudara para ibu kurang dari jumlah kebutuhan ASI yang direkomendasikan untuk Si buah hati.

Pemberian ASI sejatinya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan respon Si buah hati. Jika rekomendasi kebutuhan ASI yang disebutkan di atas masih dirasa kurang, Maka para ibu dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan Si buah hati.

Pada prinsipnya, semakin bertambah usia Si buah hati terutama saat memasuki usia ke 6 bulan, maka kebutuhan untuk memberikan ASI semakin berkurang. Hal ini karena Si Kecil telah mendapatkan asupan nutrisi dari MPASI.

Benarkah Bahwa Susu Bisa Menambah Produksi ASI?

Susu untuk penambah ASI atau susu ibu menyusui merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produksi ASI. Hal tersebut dikarenakan karena susu untuk penambah ASI termasuk ke dalam lactogogue, yang artinya dipercaya dapat membantu merangsang dan meningkatkan produksi ASI Ibu rumah tangga.

Selain itu, Susu penambah asi dapat membantu meningkatkan kualitas dari  ASI seperti lemak baik, kalsium, DHA, vitamin D, vitamin A, vitamin C dan berbagai nutrisi serta vitamin dan mineral serta masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Meningkatkan Produksi ASI Untuk Ibu Rumah Tangga

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para ibu  untuk bisa meningkatkan produksi ASI, Berikut ini adalah diantaranya :

1. Mengonsumsi banyak makanan yang bergizi

Salah satu kunci untuk bisa meningkatkan produk ASI adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Idealnya, makanan bergizi yang berguna untuk meningkatkan produksi ASI harus mengandung serat, protein, karbohidrat kompleks, dan juga berbagai vitamin serta mineral dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Mencukupi Dalam kebutuhan cairan

Selain mengonsumsi makanan yang bergizi, cara lain yang bisa ibu lakukan  untuk meningkatkan produksi ASI adalah dengan car mencukupi kebutuhan cairan. Jika cairan yang para ibu konsumsi selama menyusui sedikit, otomatis produk ASI juga akan sedikit pula, begitupun sebaliknya.

3. Memijat payudara

Memijat payudara juga jadi salah satu cara yang paling efektif untuk membantu melancarkan produksi ASI pada ibu yang sedang menyusui. Cara ini pun dapat digunakan untuk mencegah sekaligus mengobati masalah saat menyusui, seperti payudara bengkak.

4. Rajin Untu pompa ASI

Ingin ASI lancar dan banyak, Maka Rutinlah untuk memerah ASI dengan cara memompanya. Semakin sering memompa ASI, payudara akan cepat kosong dan semakin banyak pula ASI baru yang diproduksi.

5. Minum susu penambah ASI

Salah satu susu penambah ASI yang bisa dipilih dan bisa untuk dikonsumsi adalah Anmum Lacta dengan NUELIPID. Susu khusus ibu menyusui yang satu ini mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat meningkatkan produksi ASI seperti beberapa kandungan gangliosida dan DHA, kalsium, zat besi, vitamin B1, B2, omega 3 dan 6, serta protein. Selain itu, Anmum Lacta dengan NUELIPID juga kaya dengan serat pangan yang sangat berguna untuk memperlancar saluran cerna, sehingga membuat penyerapan nutrisi pada  tubuh bunda semakin maksimal.