25/02/2024

Manfaat Transformasi Digital Terhadap UMKM

Saat ini, UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) lebih memilih untuk melakukan transformasi digital. Langkah digitalisasi bisnis ini merupakan salah satu strategi penting untuk tetap relevan dan kompetitif di pasar. Namun, perlu dipahami bahwa transformasi digital UMKM juga memiliki masalah dasar yang perlu segera diselesaikan.

See the source image

Berinvestasi dalam teknologi digital memang tampak seperti membuat pengorbanan besar. Padahal, anggarannya cukup terbatas sementara manfaat memasuki dunia online hanya akan terasa di masa depan. Belum dengan ditambahnya sebuah kondisi pasar yang masih turun. Oleh sebab itu, berikut adalah 4 tips transformasi digital untuk umkm dalam  memulai perjalanan go digital:

1.Luangkan Waktu untuk Menentukan Visi dan Tujuan Anda

Seringkali, pemilik usaha menengah kecil sering berpikir mereka tidak punya waktu untuk selalu fokus pada strategi atau perencanaan. Bahkan, sangat penting untuk menetapkan tujuan yang realistis dan memulai dari yang kecil. Dengan begitu, pelaku UMKM tetap dapat menjangkau hal-hal yang memberikan perlindungan atau menjalankan rencana cadangan jika terjadi kegagalan.

Misalnya, luangkan waktu untuk mengidentifikasi terhadap kesenjangan dan pemahaman digital di antara karyawan. Kemudian, cari tahu jenis teknologi apa saja yang dapat mengurangi masalah yang dihadapi karyawan dan pelanggan. Dengan memberikan solusi digital bagi karyawan dan pelanggan, arus komunikasi dan pengalaman berinteraksi di antara mereka akan lebih positif.

  1. Temukan Mitra Digital untuk Membantu Anda

Untuk bisnis dengan sedikit karyawan, jauh lebih baik mengandalkan keahlian perusahaan teknologi tepercaya daripada melakukan transformasi digital sendiri. Go digital bukan hanya tentang pembaruan media sosial atau pembaruan e-commerce.

Menjalankan bisnis online untuk UMKM berarti mendedikasikan waktu dan sumber daya yang terbatas untuk menemukan dan menerapkan aplikasi, platform, dan perangkat lunak yang tepat. Memiliki mitra saat go digital menghemat waktu untuk menemukan platform digital yang tepat, aplikasi yang tepat, berbagi visi yang berfokus pada pelanggan, dan memahami kebutuhan lain dalam transisi digital go.

  1. Awasi pelanggan dan pesaing Anda

Usaha kecil harus memperhatikan jejak digital dan aktivitas online pelanggan dan pesaing. Kedua hal ini dapat selalu untuk memberikan wawasan berharga tentang sektor mana yang perlu mengalami transisi digital secara langsung.

Poin penting untuk memantau konsumen dan pesaing adalah mencari tahu di mana mereka berada, apa yang mereka lakukan secara online, dan bagaimana menggunakan teknologi digital untuk menghadapinya.

 

Misalnya, jika target pasar Anda ada di platform media sosial, maka Facebook for Business dapat membantu membuat pemantauan pesaing dan pelanggan relatif sederhana. Anda juga dapat menggunakan Google Alerts sebagai alat untuk melacak kata kunci / topik tertentu yang relevan bagi Anda.

Mempelajari apa yang ditawarkannya dan bagaimana pesaing bisnis Anda berkomunikasi dengan pelanggan dapat membantu Anda mencari tahu harus mulai dari mana. Namun, itu tidak berarti Anda harus menyalin strategi pesaing 100%. Terapkan apa yang masuk akal dan sesuai dengan kondisi bisnis Anda.

  1. Manfaatkan Agility Bisnis

UMKM memiliki keunggulan penting dibandingkan perusahaan besar di dunia bisnis online yang berubah dengan cepat. Keuntungan itu adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat, mudah, dan hemat biaya. Keunggulan UMKM pada platform digital telah terbukti dengan jelas sepanjang 2020-2021 di era pandemi Covid-19.

Perusahaan besar sering dibatasi oleh skala operasi mereka, saluran distribusi, layanan pelanggan, dan biaya penerapan teknologi digital. Sementara itu, bisnis UMKM dapat mengidentifikasi tren pasar dan harapan pelanggan hampir secara real-time dan tanpa perlu pengorbanan besar.

Oleh karena itu, untuk dapat memanfaatkan penuh kelincahan ini, UMKM harus dapat menyesuaikan strategi, implementasi, tren pasar, dan umpan balik dari pelanggan dengan cepat dan terukur.